Thursday 28 January 2016

Rumah Gadang muncul di One Piece

Pagi ini gw baca One piece episode terbaru chapter 814, tentang perjalanan mereka di punggung gajah. Ini bukan nama daerah, tapi mereka sekarang lagi berada di punggung gajah, lebih tepatnya di desa yang berada di punggung gajah. Daaan, rumah gadang (rumah khas masyarakat sumatera barat) merupakan rumah khas di desa tersebut.Begini penampakannya :


(kalian bisa mengklik gambar tersebut untuk ngezoom)

Rumah gadang bukan rumah besar yang berada di tengah2, namun rumah yang berada di depannya. yg memiliki 5 tanduk di atap. 

Gw ngebikin post ini bukan karena bangga sebagai orang minang, apa yang patut dibanggakan dari rumah gadang yang ditampilkan di dalam komik? tapi cuman sebagai shout out buat Oda (pengarang One Piece), dia mampu mengolah segala macam sumber daya yang ada menjadi bahan komiknya. 

Shout out buat Oda, dan siapa tau di chapter2 selanjutnya Oda bakal nampilin baju ataupun makanan khas dari berbagai macam daerah di Indonesia.

Dan ini juga sebagai cambuk buat mangaka Indonesia, jangan malu untuk memakai apa yang ada di Indonesia, mangaka jepang aja memakai budaya Indonesia buat komiknya, kenapa kita malah menghindari budaya sendiri dan malah membuat komik berdasarkan budaya negri lain?


No comments:

Post a Comment